Halal Bihalal dan Jalan Sehat Warnai Perayaan HUT ke-91 RSMU

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-RS Mata Undaan (RSMU) Surabaya merayakan momen bersejarahnya yang ke-91 tahun tepat di tanggal 29 April 2024, dengan penuh bangga dan kebersyukuran. Seperti diketahui RSMU didirikan pada tahun 1933.

Sebagai salah satu institusi kesehatan terkemuka dan tertua di Indonesia, RS Mata Undaan Surabaya menunjukan dedikasi yang tak tergoyahkan dalam menyediakan layanan kesehatan mata berkualitas tinggi, dengan memadukan teknologi canggih, tim medis yang berpengalaman, perawatan yang berorientasi pada pasien, dan inovasi yang terus berkembang dan tiada henti. Berawal dari komitmen itulah, di ulang tahun ini RS Mata Undaan mengusung tema “Growing Innovation”.

“Dalam perjalanan RS Mata Undaan yang panjang, seringkali mengalami banyak tantangan dan pencapaian yang luar biasa. Namun, satu hal yang tetap tidak berubah adalah komitmen RS Mata Undaan Surabaya dan mimpi dari pendiri untuk memberikan pelayanan kesehatan mata yang terbaik kepada masyarakat. Selama 91 tahun RSMU hadir untuk melayani keluarga Indonesia,” ujar Direktur RS Mata Undaan Surabaya, dr. Sahata P.H. Napitupulu, Sp.M (K) di sela sela acara jalan sehat, Minggu (28/04/2024)

Ia juga mengatakan, saat ini RSMU juga berusaha mengikuti teknologi terbaru, seperti  sudah tersedianya pelayanan operasi ICL( tanam lensa), LASIK,vitreo retina, glaukoma, dan katarak. Saat ini, kata dia, RSMU juga melakukan pengembangan layanan satelit di beberapa tempat/kabupaten agar pelayanan pasien tidak menumpuk di Surabaya. "Salah satu pengembangan pelayanan di RS NU Babat, Sidoarjo, Pare, dan rencana penjajakan di daerah timur, seperti Situbondo, Probolinggo," ujarnya

Sementara itu Arif Afandi Ketua P4MU (perkumpulan perawatan penderita penyakit mata Undaan) dalam sambutannya mengatakan, sesuai temanya growing and innovation, ia berharap RSMU terus (tumbuh) membangun pelayanan di daerah daerah sehingga ibarat sebuah pohon bisa 'tumbuh'  menambah ranting rantingnya semakin banyak, membuat keteduhan banyak orang, dan berharap dokter dokter RSMU terus mengembangkan inovasi pelayanan mata. " Terimakasih untuk semua karyawan dan manajemen yang telah merawat RSMU," ungkapnya 

Dalam perayaan hari jadinya yang bersejarah ini, selain menggelar acara jalan sehat dan halal bihalal, RS Mata Undaan Surabaya juga mengadakan kegiatan sosial yaitu, pemeriksaan mata gratis bagi 91 orang driver Grab. Pemeriksaan mata ini diberikan secara simbolis dari Direktur RSMU kepada Anthony Suharjono selaku Region Head East Java Grab Indonesia. Selain itu, sebagai salah satu ikon bersejarah Kota Surabaya, RSMU juga memberikan 91 bibit tanaman agar stakeholder tetap aktif dalam melakukan penghijauan kota. Pemberian bibit tanaman ini secara simbolis diberikan oleh Bapak Sahata Napitupulu kepada pemerintah Kecamatan Genteng dan Kelurahan Peneleh.

Kegiatan jalan sehat sendiri berlangsung sangat meriah, sejak pukul 05.30 peserta sudah berkumpul di halaman RSMU, adapun total peserta sekitar 800 orang, rute jalan sehat dimulai dari halaman depan RSMU dan melewati Jl. Undaan Kulon, kemudian mengambil putar balik ke Jl. Undaan Wetan, lalu memutar kembali ke Jl. Undaan Kulon, dan kembali di halaman RSMU. Event ini dimeriahkan juga dengan parade kuliner Undaan yang diikuti oleh karyawan dari masing-masing unit dan instalasi kerja yang ada di RSMU, yang akan menyediakan berbagai pilihan menu makanan, minuman, serta jajanan hasil kreasi masing-masing.

 Tidak cukup sampai disitu, RSMU juga mengadakan kegiatan Lomba Mewarnai kategori TK di tempat terpisah, namun di waktu yang bersamaan. Menyasar anak-anak usia pra sekolah, kegiatan lomba mewarnai ini  menghadirkan hiburan berupa penampilan Puppet Show oleh Kak Zahrina dan Talkshow Kesehatan Mata Anak oleh dr. Irma Praminiarti SpM dari divisi Pediatrik Oftalmologi RSMU. Hiburan lainnya yang disajikan dalam event perayaan HUT RS Mata Undaan ini adalah penampilan Reog Ponorogo, live music, dan pembagian Doorprize.Reporter (ars)