Puluhan Jurnalis Online Rapatkan Barisan dalam Pembentukan DPD IWO Situbondo

Situbondo,Mediarepublikjatim.com-Peran serta partisipasi media dalam kemajuan daerah di era digitalisasi dirasakan sangat penting dengan hadirnya media online di wilayah Kabupaten Situbondo. 

Dengan adanya Ikatan Wartawan Online (IWO), maka jurnalis media online Situbondo sepakat bergabung dalam organisasi tersebut yang diselenggarakan di cafe R2, jalan Santana, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Minggu, (04/12/2022).

Dalam pembentukan DPD IWO Situbondo, para pewarta yang masuk di dalam nya berkomitmen untuk menjaga, mengasah serta mengembangkan kemampuan skill jurnalisme yang akan diatur oleh organisasi. 

Zainullah, selaku Biro Disway Malang Post yang ditunjuk menjadi Ketua DPD IWO mengatakan dalam sambutannya, "Puji syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada semua pihak atas terbentuknya pengurus IWO Situbondo," tutur nya. 

Dengan wadah ini, lanjut Zainullah, hampir semua wartawan online dari berbagai media tergabung dan bersatu. "Menurut nya, IWO akan mewadahi kepentingan profesi wartawan dengan peningkatan kualitas SDM yang matang dan handal. 

"Sehingga diharapkan informasi yang sampai kepada masyarakat bisa bermanfaat dan berimbang sesuai kaidah-kaidah jurnalistik," terang Zainullah dihadapan awak media yang tergabung. 

Ungkapan ini seperti yang dijelaskan Iskandar Sitorus (salah satu pendiri IWO), bahwa idealnya kejadian-kejadian di lingkup kehidupan masyarakat yang berimplikasi masif terhadap publik bisa dengan maksimal diketahui untuk kemudian ditulis atau direkam wartawan online menjadi sesuatu produk jurnalistik. 

Selain itu, Zainullah juga menyampaikan, "Bergabungnya sekitar 30 wartawan online dari berbagai media siber ini tentunya akan menjadi warna baru di Kabupaten Situbondo," ungkap pria berambut gondrong itu. 

Hal ini diuraikan Zainullah agar peran serta wartawan yang ikut tergabung didalamnya dapat menjaga dan membela martabat profesi jurnalis dalam menjalankan tugasnya. 

Pasalnya, selama ini menurutnya banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapi para jurnalis, khususnya jurnalis online."Sementara, Samsuri selaku Wakil Ketua IWO terpilih dalam kesempatan tersebut mengatakan jika IWO hadir di Situbondo untuk menjawab dan melawan tantangan itu.

"Dalam kegiatan-kegiatan eksternal IWO, nantinya akan dituangkan dalam Rencana Kerja (Renja) IWO Situbondo, agar bisa membangun kemitraan dengan banyak pihak. Diantaranya untuk memberikan pendidikan jurnalis kepada instansi, lembaga dan masyarakat secara langsung," tandasnya.

Samsuri melanjutkan, "Musyawarah Bersama yang sudah digelar sore tadi, Minggu (04/12/2022) sudah dibentuk pengurus DPD IWO Situbondo secara lengkap dan berlangsung cukup demokratis," kata Samsuri dari media Suara Indonesia. 

Untuk itu, sambung Samsuri, akan dibuat rencana kerja kegiatan IWO di tahun 2023 mendatang, dan hasil Mubes tersebut akan di kirim dan diusulkan ke DPP dan DPW IWO guna menyelaraskan dengan hasil Mubes II IWO yang masih berlangsung saat ini," beber Wakil Ketua terpilih untuk DPD IWO Situbondo tersebut. 

Terpisah, selain itu Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi juga mengapresiasi terbentuknya IWO serta memberikan ucapan selamat atas suksesnya IWO yang digelar di Situbondo. 

"Semoga keberadaan IWO bermanfaat dalam hal peningkatan Kompetensi jurnalis online di Situbondo. Sehingga menjadi jurnalis yang handal, profesional dan bermartabat", ujarnya. 

Tidak hanya itu, Edy panggilan akrab Ketua DPRD ini juga berharap semoga IWO mampu menjadi wadah yang bisa melindungi anggotanya yang sedang bertugas dalam rangka menyampaikan informasi yang benar dan kaidah-kaidah jurnalis kepada masyarakat dan publik.(lm)