Siap Gelar Vaksinasi Dosis 4 Untuk 12 Ribu Nakes

Malang,Mediarepublikjatim.com-Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi booster kedua atau dosis keempat untuk tenaga kesehatan. Sebanyak 12 ribu nakes masuk prioritas vaksinasi ini.

Pemberian dosis keempat ini  sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C.3615/2022 tertanggal 28 Juli 2022.

Jumlah nakes yang menjadi sasaran vaksinasi sekitar 12 ribuan orang. Untuk pelaksanaannya sendiri masih dalam perencanaan dan menunggu distribusi stok vaksin dari Pemprov Jatim,” kata Husnul, Selasa, (2/8/2022).

Sedangkan untuk stok vaksin yang tersimpan di kantor Dinkes Kota Malang saat ini sebanyak 46 ribu dosis yang terdiri dari Sinovac, Pfizer dan Astrazeneca. Vaksin yang tersedia ini dimanfaatkan untuk mempercepat proses vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat umum.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, Pemkot Malang sendiri sudah menyiapkan 81 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) sebagai sentra vaksinasi. Fasyankes tersebut terdiri dari 16 puskesmas, 20 rumah sakit dan 45 klinik.

“Capaian vaksinasi booster bagi masyarakat umum yang masih di angka 43 persen. Target kami minimal 70 persen masyarakat sudah tervaksin booster pada tahun ini,” tandasnya.(khr)