Demi Percepatan Penanganan COVID-19, Bantuan Terus Mengalir ke RSUD dr. Iskak

TULUNGAGUNG,Mediarepublikjatim.com-RSUD dr. Iskak yang menjadi rumah sakit rujukan pasien COVID-19 menjadikan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung ini tentunya sebagai garda terdepan percepatan penanganan COVID-19. Hal itu menumbuhkan rasa solidaritas kemanusiaan sejumlah perusahaan swasta untuk memberikan donasi.

Kali ini, PT Danone Indonesia dengan slogan “Dukungan Danone Indonesia Untuk Penanggulangan COVID-19” mendonasikan sejumlah air minum kemasan dan APD (Alat Pelindung Diri)."Pemberian donasi dilakukan secara simbolis oleh perwakilan PT Danone Indonesia kepada manajemen RSUD dr. Iskak yang diwakili oleh Agus Wahyudi. 

Kasi Penunjang Medis RSUD dr. Iskak, Agus Wahyudi, S. Kep. Ners mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak swasta yang turut andil dalam proses penanganan pandemi COVID-19 di rumah sakit, melalui sejumlah bantuan.”Kami (Manajemen RSUD dr. Iskak) tak pernah meminta bantuan kepada siapapun, namun beberapa pihak mendonasikan APD dan lainnya, kami sangat berterima kasih,” kata Agus Wahyudi usai menerima donasi pada hari Kamis 19, Agustus 2021.

Bantuan kali berupa 600 botol air mineral berukuran 600 mililter per botolnya, dan satu kardus berisi pakaian APD, yakni hazmat."Agus menjelaskan donasi ini murni dari perusahaan swasta, yang nantinya air mineral kemasan tersebut akan diberikan kepada pasien COVID-19 yang menjalansi rawat inap atau isolasi di RSUD dr. Iskak.”Sebenarnya rumah sakit sangat membutuhkan APD untuk kelengkapan sejumlah nakes (tenaga kesehatan) yang bertugas menangani pasien COVID-19,” kata Agus. 

Untuk donasi berupa makanan dan minuman, RSUD dr. Iskak bisa menyediakan sendiri karena sudah ada Instalasi Gizi."Sementara itu, pada Bulan Desember tahun lalu, Bank BNI Cabang Tulungagung memberikan satu unit mobil ambulan dan sejumlah alat pelindung diri (APD). Pada Februari 2021 lalu, bantuan APD datang lagi. Salah satu perusahaan swasta di Tulungagung, yakni PT. Mandiri Taspen Kantor Cabang Tulungagung telah menyalurkan bantuan sebanyak 6 kantong plastik besar berisi ratusan APD untuk RSUD dr. Iskak Tulungagung ** (Ed)