DPRD Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Penyerahan Rekomendasi LKPJ Tahun Anggaran 2021

Tulungagung,Mediarepublikjatim.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung gelar rapat paripurna bertempat digedung Graha Wicaksana lantai dua."Dengan pembahasan Penyampaian Perubahan Propemperda Tahun 2022 dan Penyampaian Rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Akhir Anggaran Tahun 2021."Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos., Selasa (12/4/2022). 

Rekomendasi LKPJ dari Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S.Sos  telah diterima oleh Bupati Tulungagung Drs Maryoto Bhirowo, M.M. yang didampingi Wakil Bupati H. Gatut Sunu Wibowo, SE, dalam acara sidang paripurna tersebut.“Jadi paripurna ini membahas penyampaian Propemperda dilanjutkan membacakan Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Akhir Anggaran Tahun 2021,” kata Marsono dalam membuka Rapat Paripurna tersebut."Adapun Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati dibacakan Wakil Ketua DPRD Adib Makarim,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Adib Makarim menjelaskan Rekomendasi DPRD pihaknya mengingatkan agar bisa diimplementasikan dengan baik oleh pihak eksekutif."Hal yang paling disoroti yaitu terkait pelaksanaan dan perbaikan infrastruktur ruas jalan di Kabupaten Tulungagung.“Sebenarnya terkait infrastruktur ruas jalan kami selaku legislatif sama saja dengan harapan masyarakat agar segera dilakukan perbaikan,” tutur Legislator Dapil 1 Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tulungagung.

Lebih lanjut Ketua DPC PKB Kabupaten Tulungagung menjelaskan, adapun angka kemiskinan mengalami kenaikan pihaknya menyadari hampir 2 tahun belakangan pandemi Covid-19 masih melanda. Namun demikian, peningkatan angka tersebut masih dibawah Jawa Timur maupun secara Nasional."Pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah kabupaten Tulungagung yang telah mengalirkan anggaran pada bidang sekor pendidikan dan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang ada, meskipun masih ada beberapa kekurangan.

"Iya benar, sektor pendidikan dalam pendistribusian Bantuan Siswa Miskin (BSM) dengan melaksanakan E-Money sudah berjalan namun demikian masih belum maksimal. Sedangkan sektor kesehatan, banyaknya kejadian penyakit TBC pada Pusat Kesehatan Masyarakat sehingga harus menjadi perhatian lebih lanjut,” terangnya. "Terkait penataan parkir di RSUD dr. Iskak bisa dikelola lebih baik lagi. "Parkir itu dikelola dengan baik bisa menambah Pendapatan Daerah, hal ini harus menjadi perhatian,” ujarnya.“ Kami berikan rekomendasi agar pengelolaan parkir dikelola secara maksimum,” tukasnya.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., menyampaikan terima kasih kepada legislatif atas rekomendasi untuk Pemkab Tulungagung."Adapun pihak legislatif menyebut dalam Paripurna tadi terkait infrastruktur ruas jalan, sebenarnya sudah menjadi poin utama dalam tahun ini.“Sudah, terkait ruas jalan yang harus dilakukan perbaikan maupun perawatan di Tulungagung sudah kita inventarisir bersama instansi terkait,” kata Bupati Maryoto didampingi Wakil Bupati H. Gatut Sunu Wibowo, S.E., usai Rapat Paripurna tersebut.“Pada intinya, kita sudah lakukan cek di lapangan ruas jalan rusak itu akibat genangan air yang disitu drainase kurang berfungsi dengan baik, selain itu kondisi jalan itu diatas permukaan yang kurang stabil sehingga mudah cepat rusak dan berlubang,” sambungnya.. ** (edr)