PLt. Bupati Sidoarjo Memerintahkan OPD Pengampu Terus Memonitor Distribusi Bantuan Pangan

Sidoarjo,Mediarepublikjatim.com-Bantuan pangan beras yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mempunyai sasaran untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE). Ini merupakan bantuan ekonomi dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi berupaya menjalankan amanah dari pemerintah pusat dengan baik. Apalagi program ini sangat mendukung komitmen pemerintah daerah dalam menurunkan angka kemiskinan.

“Kita akan kawal terus program bantuan ini sesuai sasaran. Jangan sampai ada pihak – pihak yang menyelewengkan untuk kepentingan pribadi,” tandasnya, saat memonitor langsung distribusi bantuan pangan Selasa (4/6/2024) di beberapa desa desa di Kecamatan Wonoayu. Adapun desa desa tersebut,yaitu Desa Pilang, Desa Semambung, Desa Pagerngumbuk, dan Desa Karangpuri 

Ia meminta pemerintah desa untuk cepat tanggap. Apabila ada data – data penerima yang tidak valid, misalnya yang bersangkutan pindah atau meninggal, untuk segera berkoordinasi dengan tim terkait. Dinas Pangan dan pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai OPD pengampu program bantuan harus memonitor terus. 

“Melihat antusiasme masyarakat penerima bantuan ini, menandakan bahwa bantuan pemerintah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk itu harus benar – benar tersalurkan dengan tepat,” jelasnya.

Menurutnya, program pemerintah baik dari pusat maupun daerah memang harus sampai ke masyarakat, apalagi program bantuan. Karena pemerintah memegang amanah untuk melayani dan menjalankan roda pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu Kepala Desa Pagerngumbuk, Abdul Malik saat ditemui, berharap dengan adanya distribusi bantuan pangan beras ini bisa bermanfaat kepada warganya yang kurang mampu. "Semoga bisa membantu dan meningkatkan kesejahteraan warga."

Untuk di kecamatan Wonoayu sendiri, total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan pangan ada 3.763 KPM. Semua KPM tersebut tersebar di desa/ kelurahan se- Kecamatan Wonoayu.Reporter (ars)