Memperingati Hari Lahir Pancasila SDN Plumbungan Sukodono Sidoarjo Donasikan Dana untuk Palestina

SIDOARJO,Mediarepublikjatim.com-Memperingati hari lahir Pancasila, SDN Plumbungan Kecamatan Sukodono Sidoarjo menggelar upacara bendera dan mengumpulkan dana untuk warga Palestina."Nilai donasi yang terkumpul sebesar Rp 1,7 juta dan diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sidoarjo untuk disalurkan kepada masyarakat Palestina yang saat ini sedang mengalami krisis kemanusiaan.

Kepala Sekolah Anita Hidayati menyampaikan keprihatinannya atas situasi yang terjadi di Palestina, khususnya di wilayah Rafah yang saat ini menjadi sorotan dunia dengan gerakan solidaritas “All Eyes on Rafah“Nilai-nilai Pancasila yang kita peringati kelahirannya hari ini sangat sejalan dengan semangat solidaritas ini,” ujarnya Senin (3/6/2024).

Badrus Zaman, salah satu pelaksana BAZNAS Sidoarjo penerima donasi yang terhimpun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas donasi yang diberikan oleh SDN Plumbungan. “Donasi yang terkumpul untuk solidaritas Palestina melalui BAZNAS Sidoarjo saat ini sekitar Rp 5 jutaan, dan akan bertambah dengan adanya kontribusi dari SDN Plumbungan ini,” rincinya.

Ia menjelaskan BAZNAS Sidoarjo terus membuka pintu donasi dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam gerakan solidaritas bagi Palestina.

Badrus Zaman petugas BAZNAS Sidoarjo dan para guru SDN Plumbungan Sukodono“Kami mengapresiasi langkah SDN Plumbungan yang telah kompak mengumpulkan donasi dalam rangka Hari Lahir Pancasila ini. Semoga semakin banyak pihak yang tergerak hatinya,” harapnya.

BAZNAS Sidoarjo berencana menyalurkan seluruh donasi yang terkumpul melalui BAZNAS RI, yang memiliki akses untuk membawa bantuan langsung ke lokasi konflik di Palestina.

Langkah ini diambil agar bantuan dapat tersalurkan dengan tepat dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi perang.

Lebih jauh pria yang akrap disapa Kang Sudrab itu menjelaskan, gerakan solidaritas ini juga menjadi bukti nyata bahwa nilai-nilai Pancasila masih hidup dan relevan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Melalui aksi nyata seperti ini, diharapkan dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian sosial di tengah masyarakat, khususnya terhadap saudara-saudara kita yang berada di wilayah konflik.

“Partisipasi aktif dari SDN Plumbungan dan elemen masyarakat lainnya dalam kegiatan donasi solidaritas Palestina menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya berperan dalam pengembangan intelektual, tetapi juga dalam membentuk karakter siswa yang peduli dan bertanggung jawab terhadap kondisi kemanusiaan global. Dengan demikian, semangat gotong royong yang menjadi salah satu pilar Pancasila dapat terus diwariskan kepada generasi muda,” urainya.(ars)