Pastikan Pertamina dan PGN Pasokan Gas Bumi Aman Jelang Lebaran

SURABAYA,Mediarepublikjatim.com-PT Pertamina (Persero) dan PT PGN Tbk (PGN) memastikan ketersediaan gas bumi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran pasokan energi bagi masyarakat, khususnya di wilayah operasi Sales and Operation Region III (SOR III) yang meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara, Balikpapan, dan Kawasan Timur Indonesia.

Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution mengatakan, Pertamina dan PGN telah membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (SATGAS RAFI) 2024 untuk memastikan ketahanan energi selama periode Ramadhan dan Lebaran.

“Kami mencatat, konsumsi gas bumi di sektor rumah tangga dan UMKM meningkat 10-15% pada momen Ramadhan. Oleh karena itu, SATGAS RAFI dibentuk untuk memastikan kelancaran pasokan gas bumi dan keamanan aset dan jaringan ke pelanggan,” ujar Alfian.

PGN SOR III mencatat rata-rata konsumsi gas bumi di sektor rumah tangga mencapai 12-13 m3 per bulan per pelanggan, sedangkan di sektor UMKM sekitar 50 m3 per bulan per UMKM.

Untuk memastikan penyaluran gas bumi terjamin, SATGAS RAFI melakukan berbagai kegiatan, seperti:

Konsumsi gas bumi di sektor rumah tangga dan UMKM meningkat 10-15% pada momen Ramadhan.

PGN SOR III mencatat rata-rata konsumsi gas bumi di sektor rumah tangga mencapai 12-13 m3 per bulan per pelanggan.

SATGAS RAFI bekerja 24/7 dan tersebar di seluruh wilayah operasi PGN SOR III.

Pertamina mendorong penambahan SPBG di Surabaya untuk memudahkan pengguna BBG.

Pertamina dan PGN berkomitmen untuk memastikan ketahanan energi selama periode Ramadhan dan Lebaran. Upaya ini dilakukan untuk menjaga kelancaran pasokan gas bumi bagi masyarakat dan mendukung kelancaran aktivitas ekonomi selama periode tersebut.

Pengecekan jaringan

Perbaikan dan pemantauan jaringan

Latihan tanggap darurat

Satgas RAFI bekerja 24/7 dan tersebar di seluruh wilayah operasi PGN SOR III.

Selain itu, Pertamina juga mendorong penambahan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Surabaya untuk memudahkan pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar gas bumi (BBG).

“Kami berharap dengan upaya ini, masyarakat dapat menikmati Ramadhan dan Lebaran dengan nyaman tanpa khawatir kekurangan energi,” kata Alfian.(pgh)