RS Mata Undaan Gelar Pemeriksaan Mata Gratis kepada Rekan Media se-Jatim

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-Dalam rangka memperingati world sight day(hari penglihatan sedunia) dan hari jadi perhimpunan perawatan penderita penyakit mata Undaan (P4MU) yang ke-108, RS Mata Undaan memberikan pemeriksaan mata gratis khusus untuk para rekan media se Jawa Timur, Sabtu(14/10/2023). Kegiatan ini sendiri bertema: Sehat Bareng Rekan Media Undaan. Total ada sekitar 60-70 an awak media se-Jatim yang hadir dalam kegiatan tersebut. Ada dari media cetak,radio, televisi dan online. 

Sebelum acara pemeriksaan mata dilakukan, pada pukul 12.00 digelar seminar kesehatan terlebih dahulu, yang mengambil tema: "Waspadai Computer  Visions Syndrome ". Pembicara utama dalam seminar tersebut, yaitu dr. Kitriastuti, Sp. M yang merupakan divisi low vision dan optimasi visual RS Mata Undaan. Ia ditemani oleh Arif Afandi selaku Ketua Badan Pengurus P4MU, lalu ada juga Widodo J Pudjirahardjo .

Dalam seminar tersebut Kitriastuti menjelaskan, agar para rekan media dalam bekerja tidak berlebihan dalam memakai gadget maupun laptop. Lalu screen time disesuaikan berdasarkan usia penggunaan (komputer/gadget) antara 6-8 jam perhari. " Penggunaan 6-8 hari itu harus ada jeda istirahat nya. Terapkan 20 menit bekerja,20 detik istirahat, dan melihat jarak jauh 20 feet, kalau kata orang tua dulu:  lihatlah yang hijau hijau," ujarnya.

Sementara itu Arif Afandi juga mengatakan, pentingnya memelihara aset kesehatan mata. " Ya  jangan lupa kontrol kesehatan mata,salah satunya bisa di Rs Mata Undaan ini," ujarnya. Dalam acara tersebut ia juga mengaku seperti reunian,sebab dulunya ia juga merupakan wartawan.

Selanjutnya seminar ditutup dengan doa dan agenda terakhirnya yaitu, pemeriksaan mata gratis dan konsultasi gizi bagi rekan media se Jawa Timur di ruangan Poliklinik. Adapun pemeriksaan nya meliputi: visus dan refleksi, NCT, pemeriksaan dokter spesialis mata, pemeriksaan body composition .

 Pada kegiatan ini juga melibatkan beberapa asosiasi wartawan dan komunitas, seperti PWI, SMSI , PHMI, IJTI, AJI dll.  Kegiatan bakti sosial ini sendiri merupakan agenda tahunan, dengan sasaran yang berbeda beda tiap tahunnya, dan tahun ini sasarannya merupakan awak media. Tepat pukul 17.00 kegiatan pun selesai,Reporter (ars)