Arzeti Bilbina Bareng BPOM Lakukan Edukasi tentang Kosmetika yang Aman

Sidoarjo,Mediarepublikjatim.com-Anggota komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan, yang bertajuk: komunikasi, informasi, dan edukasi cerdas memilih kosmetika yang aman dan bermanfaat kepada ratusan warga se-kecamatan Balongbendo yang bertempat di Gedung Graha PT. KBM,Kemangseng Balongbendo, Jumat (27/10/2023).

Dalam sambutannya, Arzeti panggilan akrabnya menjelaskan, tentang pengertian BPOM,jenis jenis kosmetika, beserta tips memilih kosmetika yang aman kepada masyarakat yang hadir pada siang yang terik itu. Ia mengatakan, agar warga berhati hati dalam memilih produk kosmetika, sebab saat ini,kata dia, banyak produk ilegal yang beredar di sekitar masyarakat. Yang tentunya bisa membahayakan bagi masyarakat yang membeli, terutama para wanita. Ia menghimbau agar memilih produk yang sudah dilengkapi izin dari BPOM. Kosmetika,kata ia, tidak hanya alat kecantikan saja. Sabun, deodorant juga salah satu produk kosmetika juga. " Harapan masyarakat yang hadir untuk bisa menjadi kepanjangan tangan BPOM untuk lebih cerdas berbicara mengenai kosmetik dan obat."

Sementara itu Melisa Miranda dari BPOM menjelaskan bahwa ada 5 produk yang diawasi BPOM, antara lain: makanan, kosmetika, obat,jamu(obat tradisional), dan suplemen kesehatan. Ia juga menganjurkan sebelum membeli produk obat masyarakat harus selalu melakukan cek KLIK: kemasan, label, izin edar, dan kadaluarsa. Dengan melakukan cek KLIK tentunya bisa meminimalisir bahaya obat yang tidak aman. Ia juga menjelaskan bahwa jamu bukan obat, yang hanya membantu mengurangi sakit, yang menyembuhkan hanya obat . Ia menganjurkan jamu jamu seperti temulawak, kencur,sinom untuk dikonsumsi"Reporter Ars