Pagelaran Wayang Kulit Desa Bono Boyolangu Dalam Acara Bersih Deso

Tulungagung,Mediarepublikjatim.com-Dengan berbondong-bondong tanpa berpikir cuaca hujan gerimis Masyarakat Desa Bono Kecamatan Boyolangu, Kab Tulungagung mendatangi lapangan desanya untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Minto Darsono. Pentas wayang kulit semalam suntuk tersebut diadakan dalam rangkaian acara bersih desa, Rabo malam (16/11/2022).

Tepat bersebelahan dengan kantor desa Bono lapangan tersebut dipadati ratusan warga desa yang ikut menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Katentreman. 

Ikut hadir menyaksikan pagelaran wayang yaitu bapak Tiko Kapolsek Boyolangu beserta anggota dan juga bapak-bapak anggota Danramil Boyolangu dan beberapa perwakilan tamu undangan dari kecamatan. Acara semakin meriah dengan kehadiran bintang tamu dagelan Jo Klitik dan Jo Klutuk.

Pagelaran wayang kulit dimulai dan diawali dengan penyerahan wayang gunungan dari Kepala Desa Bono Mochamad Moezamil kepada Ki dalang Minto Darsono. 

Kepala Desa Bono Mochamad Moezamil menjelaskan, acara malam ini merupakan puncak bersih desa, setelah sebelumnya berbagai rangkaian kegiatan desa telah dilaksanakan. 

"Selain wujud syukur terhadap Alloh,  pagelaran wayang kulit ini merupakan bagian untuk ikut berpartisipasi dalam melestariakan seni budaya, sekaligus sebagai wujud kecintaan terhadap budaya bangsa khususnya yang ada di daerah Jawa," katanya.

"Kami berharap sifat gotongroyong, keharmonisan, kerukunan dan kebersamaan masyarakat terjalin dengan erat dan penuh rasa persaudaraan dapat terus terpelihara,” tandasnya.

Pagelaran wayang kulit diselenggarakan juga untuk mengedukasi sekaligus memperkenalkan kesenian wayang kepada generasi muda Desa Bono. Kegiatan ini menjadi bukti komitmen masyarakat Desa Bono untuk terus melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia ,” pungkasnya. ** (Ed)