Plt Subandi Peringati Hari Lahir Pancasila Bareng Pemuda Pancasila Wonoayu

Sidoarjo,Mediarepublikjatim.com-Pemuda adalah aset yang berharga bagi pembangunan. Pemuda menjadi salah satu motor penggerak pembangunan," tegas  Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, dalam  sambutannya saat hadir dalam kegiatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang berlangsung di Balai Desa Jimbaran Kulon, Sabtu (01/06/2024)

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PAC Pemuda Pancasila Wonoayu dan juga FKPPI Sidoarjo. Adapun tema yang diambil dari peringatan hari lahir Pancasila tahun ini, yaitu: "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045"

Menurut Subandi, Pemuda Pancasila (PP) sebagai salah satu organisasi kepemudaan di Kabupaten Sidoarjo, diharapkan bisa memberikan kontribusinya dalam pembangunan. Menjadi pelopor dalam menghayati dan mengamalkan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Jangan sampai panjenengan sekalian ini berseragam hanya untuk gaya-gayaan saja atau seremonial, tetapi tidak memberikan sumbangsih untuk pembangunan di Kabupaten Sidoarjo," tegasnya.

Ia juga menanggapi fenomena negatif anak - anak muda jaman sekarang. Yang kerap disebut: kelompok gengster, yang sempat viral beberapa waktu lalu, dan sangat meresahkan masyarakat. Hal ini juga menjadi tugas PP untuk turut menjaga dan membawa ketentraman, ketertiban di masyarakat.

"Dengan semangat Hari Lahir Pancasila, mari kita berperan aktif dalam menciptakan keaman dan ketertiban lingkungan.  Saling menjaga jangan sampai adik - adik kita, keluarga, saudara, bahkan teman  terlibat dalam tindakan anarkis yang merugikan masyarkat," pesannya.

Lebih lanjut, Ia menyatakan, jika mengembangkan toleransi,  kerukunan dan kegotongroyongan itu merupakan suatu keharusan. Apalagi negara Indonesia yang memiliki banyak suku, harus benar - benar menghargai perbedaan tersebut. Berbeda itu indah, dan perbedaan kita dipersatukan dalam bingkai  Bhineka Tunggal Ika. Ia berharap semua kecamatan di Sidoarjo bisa meniru langkah PP kecamatan Wonoayu seperti ini.

Dalam kegiatan itu,juga diwarnai oleh sosialisasi penanggulangan kenakalan remaja, ada edukasi satwa, pengobatan alternatif, bazar UMKM, dan juga santunan sosial,Reporter (ars)