Plt. Bupati Sidoarjo Punya Atensi Tinggi terhadap Perkembangan Sepakbola di Sidoarjo.

Sidoarjo,Mediarepublikjatim.com-Plt. Bupati Sidoarjo,Subandi mempunyai atensi tinggi terhadap  perkembangan olahraga sepakbola di bumi kota delta, hal ini terlihat dengan kehadirannya, pada acara final turnamen sepakbola Kades Cup 2 di  Desa Tanggul, Wonoayu Sidoarjo, Minggu (19/05/2024). 

Di kesempatan tersebut, Plt.Bupati Sidoarjo, Subandi berkesempatan menutup turnamen yang berlangsung tiap hari Sabtu dan Minggu itu.

Menurut Subandi, turnamen seperti ini memberikan inspirasi, semangat kebersamaan dan kompetisi yang sehat.  Kegiatan  ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi desa lain dalam membangun komunitas yang solid dan sportif. 

"Kami selaku pimpinan daerah selalu mendorong warga Sidoarjo agar senantiasa rutin melakukan olahraga demi menjaga kesehatan fisik, selain itu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, " jelasnya. 

Kabupaten Sidoarjo sendiri sudah banyak tersedia fasilitas atau sarana prasana untuk berolahraga. Para warga hanya perlu menjaga, memelihara dan memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah. 

"Apabila fasilitasnya belum cukup atau ada yang perlu dibenahi silahkan sampaikan kepada kami agar kami bisa membantu," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggul, Saiful Ahmadi menyampaikan bahwa turnamen kades cup rutin dilaksanakan setiap tahunnya, namun sempat vakum di tahun 2022. Kegiatan ini kembali lagi dilaksanakan tahun 2023. Pendanaan dari swadaya masyarakat Desa Tanggul.

Pelaksanaan turnamen kali ini  sejak pertengahan bulan April lalu. Ada  16 tim yang mengikuti turnamen. Dengan sistem gugur. Keenam belas tim itu berasal dari Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Jember, dan Gresik. Untuk grand final dilaksanakan sore ini antara tim Ortak FC asal Krian melawan tim Ardigung FC dari Sumberejo, yang dimenangkan oleh tim Ortak FC dari Krian dengan score 1-0. 

"Turnamen ini sebenarnya terbuka untuk umum dengan rentang usia 45 - 50 th. Namun, khusus untuk Kades Cup 2 kita batasin maksimal hanya 16 tim karena mempertimbangkan anggaran dan waktu pelaksanaan," ujarnya.  

Untuk hadiah juara pertama mendapatkan Rp 3 juta, sedangkan juara kedua mendapatkan Rp 2 juta, sedangkan juara ketiga dan keempat masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 800.000,Reporter (ars)