Mudik Lebaran 2024 Siapkan 7 Pos Pengamanan

MAGETAN,Mediarepublikjatim.com-Sebanyak 290 personel gabungan bakal mengamankan Operasi Ketupat Semeru 2024 di Magetan. Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mengatakan, 236 personel Polri bakal mengamankan Ops Ketupat Semeru dan ditambah dari TNI dan instansi terkait.

“Dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, kami bersama dengan TNI dan juga instansi terkait, terhitung tanggal 4 April 2024 sampai dengan 16, kami melaksanakan kegiatan Operasi terpusat ketupat Semeru 2024 dan kami mendirikan 7 pos,” terang Satria, Rabu (3/4/2024).

Tujuh pos tersebut terdiri dari satu pos terpadu yaitu di Terminal Maospati yang sudah tersedia fasilitas di terminal. Mulai masjid toilet gratis, cek kesehatan dan juga parkir untuk roda empat yang roda dua.

“Kemudian yang kedua kami mendirikan dua pos pelayanan yaitu di Rest Area Km 579 B dan juga pos pelayanan di Cemoro Sewu. Kami juga mendirikan empat pos pengamanan yakni di Kecamatan Barat, Kawasan Kebun Bunga Refugia, Telaga Sarangan dan Alun-Alun Magetan,” lanjut mantan Kapolres Pamekasan itu.

Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1445 H dengan aman. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” tambahnya.

Polri telah menyiapkan sejumlah strategi pengamanan menjelang arus mudik 2024, termasuk terkait rekayasa lalu lintas dan pemetaan jalur mudik yang rawan kecelakaan.(wy)