Mbah Semar Ucapkan Anniversary Ke 22 LSM GMBI

Banyuwangi,Mediarepublikjatim.com-Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia atau disingkat GMBI adalah sebuah organisasi masyarakat (ormas) yang terdaftar dalam pemerintahan. GMBI merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang didirikan pada 18 Maret 2002 oleh mantan Calon Legislatif DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrasi Kebangsaan, M Fauzan Rachman.

Hingga saat ini, Fauzan Rachman masih menjadi ketua umum GMBI, yang memiliki kantor pusat di Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu alasan GMBI didirikan adalah karena belum adanya kepastian hukum yang jelas, terutama bagi rakyat yang tidak memiliki kekuatan dalam politik, keuangan, dan jaringan, sehingga mereka dapat dengan mudah ditindas.

Oleh karena itu, sebagai LSM yang bergerak di bidang sosial, GMBI ingin membantu siapa saja yang tertindas kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak pada masyarakat.

GMBI mengadvokasi masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik di sektor pemerintahan, sosial, dan ekonomi. Anggota GMBI terdiri dari laki-laki dan perempuan yang datang dari berbagai latar belakang, terutama kalangan masyarakat bawah. Mulai dari pedagang kaki lima, tukang ojek, juga mantan narapidana, yang semuanya diberi bimbingan dan diberdayakan.

Selamet Solichin yang biasa disapa Mbah Semar selaku Pimpinan Umum Jejakindonesia.id mengucapkan selamat Anniversary Ke 22 untuk LSM GMBI dan kagum dengan kegiatan-kegiatan sosial yang di lakukan LSM GMBI, 

LSM GMBI selalu berkontribusi ke pemerintah sehingga menciptakan masyarakat yang lebih utuh, dan selalu menjadi tolak ukur bagi masyarakat khususnya Kabupaten Banyuwangi dan umumnya bagi Indonesia, "ucapnya. Sabtu (23/03/2024)

Masih Mbah Semar mengatakan,” LSM GMBI selalu mengutamakan membantu keluhan, permasalahan hukum dari masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat. 

Selain itu, selalu bersinergi dengan pemerintah,membantu masyarakat, misalnya dalam hal pendampingan hukum dan kami berpihak pada masyarakat kecil,” tuturnya.

Semoga LSM GMBI selalu jaya dan tetap menjadi garda terdepan bagi masyarakat khususnya di Banyuwangi dan di Indonesia.(zl)