Kejari Tanjung Perak Beberkan Capaian Kinerja Selama 2023

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-Sepanjang tahun 2023, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak terus bekerja secara profesional, dan telah menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. "Pada Rapat Kerja Daerah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang diikuti seluruh Kejaksaan Negeri se Jawa Timur di Malang yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak mendapatkan peringkat I (Pertama) terbaik Kejaksaan Negeri Tipe B dalam penanganan penyelidikan dan Penyidikan Tindak Pidana Korupsi dan peringkat I (Pertama) terbaik Kejaksaan Negeri Tipe B Penanganan Perkara Restorative Justice," ujar Kepala Kejari Tanjung Perak, Ricky Setiawan saat sesi Press Release Capaian Kinerja Selama 2023, di ruang pertemuan Kejari Tanjung Perak, Jumat (29/12/2023).

Capaian-capaian positif Kejaksaan Negeri Tanjung Perak sampai dengan Desember 2023 adalah sebagai berikut:

Bidang Pembinaan, tahun 2023 berhasil menghimpun dana dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan menyetorkan ke kas negara sebesar Rp. 2.807.999.296,- (dua milyar delapan ratus tujuh juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu dua ratus sembilan puluh enam) dari target Rp. 1.986.200.000,- (satu milyar sembilan ratus delapan puluh enam juta dua ratus ribu rupiah).  

Penyerapan anggaran di Kejaksaan Negeri Tanjung Perak sebesar 99,97 % dari total anggaran Rp. 12.475.771.000,- (dua belas milyar empat ratus tujuh puluh lima juta tujuh ratus tujuh puluh satu rupiah).  

Bidan Intelijen, berperan aktif dalam mengawal pembangunan strategis Daerah di Kota Surabaya, melalui program Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) sebanyak 4 Empat) kegiatan dengan total Pagu anggaran sebesar Rp 53.479.317.569,- (lima puluh tiga milyar empat ratus tujuh puluh sembilan juta tiga ratus tujuh belas lima ratu enam puluh sembilan rupiah) dengan total nilai kontrak Rp. 49.379.277.494,45 (empat puluh sembilan milyar tiga ratus tujuh puluh sembilan juta dua ratus tujuh puluh tujuh ribu empat ratus sembilan puluh empat koma empat puluh lima sen). "Dan ikut mengawal pembangunan rumah sakit Surabaya timur dengan nilai 500 milyar," ujar Rick, panggilan akrabnya.

Selain itu, tambah Ricky, Kejari Tanjung Perak juga melakukan terobosan-terobosan dalam upaya pencegahan tindak pidana Korupsi dengan kegiatan antara lain: Jaksa Masuk Pesantren, Jaksa Masuk Sekolah, dan Dongeng Hukum Bersama Jaksa yang pesertanya merupakan anak-anak sekolah tingkat dasar. 

"Dengan menggunakan cara penyampaian yang unik, yaitu dengan berdongeng yang materinya tentang hukum dan bermain Bersama Badut, sehingga anak-anak dapat menerima materi hukum yang disampaikan." ujarnya. Selain itu Kejaksaan Negeri Tanjung Perak sudah mendirikan Posko Pemilu. Serta kegiatan-kegiatan lain yang bersentuhan dengan masyarakat, yaitu turut serta dalam pencegahan stunting di Wilayah Surabaya Utara dan bersih-bersih pantai Kenjeran yang dipadukan dengan lomba fotografi yang bertujuan mengekslpor Pariwisata yang ada di Wilayah Surabaya Utara.  

Bidang Pidana umum, sepanjang tahun 2023 telah menerima SPDP sebanyak 1537, melakukan penuntutan sebanyak 1354, eksekusi perkara sebanyak 1047, dan telah melakukan penghentian penuntutan perkara melalui pendekatan Restorative Justice sebanyak 55 (lima puluh lima) perkara dengan perincian 41 (empat puluh satu) perkara tindak pidana umum biasa dan 14 (empat belas) perkara Narkotika. Lalu 

Bidang Pidana Khusus, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak konsisten dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional, telah melakukan penyelidikan sebanyak 3 (tiga) Perkara, penyidikan sebanyak 6 (enam) perkara, penuntutan sebanyak 8 (delapan) perkara dan telah melakukan eksekusi sebanyak 5 (lima) perkara. Selain itu, bidang pidana khusus berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp. 7.802.800.498,- (tujuh milyar delapan ratus dua juta delapan ratus ribu empat ratus sembilan puluh delapan rupiah). 

Sedangkan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, sepanjang tahun 2023 melalui kegiatan Bantuan Hukum Litigasi maupun Non Litigasi telah menerima 5 (lima) Surat Kuasa Khusus (SKK) Litigasi dan 55 (lima puluh lima) SKK Non Litigasi. Selanjutnya melalui kegiatan pertimbangan Hukum melakukan Pendampingan Hukum sebanyak 50 (lima puluh) kegiatan dan pendapat hukum sebanyak 3 (tiga) pendapat hukum. Sedangkan tindakan hukum lainnya sebanyak 3 (tiga) kegiatan dan pelayanan hukum sebanyak 40 (empat puluh) kegiatan. Selain itu Jaksa Pengacara Negeri Tanjung Perak telah melakukan pemulihan dan penyelamatan keuangan Negara sebesar Rp. 37.100.018.559,- (tiga puluh tujuh milyar seratus juta delapan belas ribu lima ratus lima puluh Sembilan rupiah) dengan rincian Rp. 5.919.031.469 ,- (lima milyar sembilan ratus sembilan belas juta tiga puluh satu ribu empat ratus enam puluh sembilan rupiah) berupa uang dan sebesar Rp.31.180.987.090,- (tiga puluh satu milyar seratus delapan puluh juta sembilan ratus delapan puluh tujuh ribu sembilan puluh rupiah) berupa asset tanah dan bangunan.

Selain itu bidang datum telah melaksanakan Perjanjian Kerjasama dan atau Mou sebanyak 16 (enam belas) kegiatan.  Dan bidang barang bukti, telah melakukan pemusnahan barang bukti terhadap perkara yang telah inkrach atau memiliki kekuatan hukum tetap sebanyak 902 (sembilan ratus dua) perkara yang didominasi oleh perkara narkotika sebanyak 526 (lima ratus dua puluh enam) perkara dengan jumlah barang bukti 22.745,30 gram narkotika jenis shabu beserta alat hisap sabu/ bong, ganja kering keseluruhan 6273,40 gram, Pil Extacy sebanyak 463 butir dan obat berlogo Y sebanyak 2.468.896 butir."Reporter (Ars)