Gema Keadilan Surabaya Launching Pemilu Ramah Anak

Surabaya,mediarepublikjatim.com-Peran pemuda, anak muda bagi kemajuan bangsa dan negara sangatlah penting. Terlebih menjelang pemilu 2024, dibutuhkan kontribusi kaum muda untuk berkontribusi lebih banyak lagi. Yang selama ini para pemuda, mahasiswa cenderung apatis terhadap dunia politik. Untuk itu Gema Keadilan Surabaya melaunching Pemilu Ramah Anak, Sabtu Malam, 09/12/2023 di Salah satu Cafe di Margorejo Indah. 

Dalam kegiatan launching tersebut ada banyak yang dibahas antara lain: apa saja peran pemuda dalam pemilu 2024 besok, menyuarakan agar para pemuda berkontribusi terhadap politik, tidak apatis terhadap politik dll. Kegiatan launching ini terbuka untuk umum,yang sasaran khususnya menyasar para kaum muda generasi milenial dan Z. Hadir sebagai pembicara dalam launching ini yaitu, Aning Rahmawati selaku sekretaris fraksi PKS juga wakil ketua komisi C DPRD kota Surabaya; lalu ada Hammad Akram seorang pemuda yang juga Caleg Dapil 1 Provinsi Jatim kota Surabaya dari partai PKS. 

Akbaruddin, ketua Gema Keadilan Surabaya menjelaskan, bahwa Gema Keadilan merupakan sayap kepemudaan PKS yang bergerak di bidang sosial dan politik dan dibentuk pada September 2005. 

 Dengan launching ini saya berharap bagi para pemuda agar bisa berkontribusi dalam dunia politik karena mereka merupakan calon pemimpin bangsa untuk ke depannya. Bisa mendobrak, tidak buta terhadap politik," ujarnya. "Lewat kegiatan ini juga bisa memberikan pandangan luas tentang politik," ungkapnya. Selain kegiatan launching, Gema Keadilan juga mengenalkan para kepengurusan yang baru kepada para hadirin yang datang.

Aning Rahmawati dalam sambutannya mengatakan, agar anak muda  untuk cerdas berpolitik, harus berkontribusi terhadap dunia politik, tidak apatis terhadap politik, tidak salah memilih pemimpin, sebab anak muda merupakan calon pemimpin bangsa berikutnya.

" Anak muda mewariskan peradaban, anak muda penentu peradaban ke depan. Bersama perubahan kita wariskan peradaban terbaik," ujarnya. 

Ia mengatakan jika untuk mewujudkan kemakmuran bangsa ya melalui dunia politik, ia juga berpesan kepada anak muda yang ikut mencalonkan diri sebagai Caleg untuk memperkuat jaringan komunitas, perbaiki komunikasi verbal, ada daya tarik karismatik, juga memperluas pergaulan. Sebab, hal itu bisa menambah perolehan suara nantinya.  " Perempuan dan anak muda merupakan kunci kemenangan partai," ujarnya. 

Aning, sapaan akrabnya juga menjelaskan, bahwa partai PKS merupakan satu satunya partai yang memenuhi 30% keterwakilan wanita di dalamnya. "Tentunya ini adalah citra positif bagi wanita. Yang selama ini wanita masih dianggap termarjinalkan dan belum punya kontribusi yang berkualitas," ujarnya.  Ia menganggap bahwa perempuan punya loyalitas secara segmentatif. 

Sementara itu Akram dalam sambutannya mengatakan, jika pemuda jangan apatis terhadap pemilu , dan tugas Caleg seharusnya menyadarkan dan memberikan edukasi terkait politik kepada anak muda.  Saat ini ia mengatakan, jika anak muda menjadi komoditas politik, ada jargon, tagline, dan maskot pemilu.

" Anak muda saat ini diposisikan dan saat ini waktunya anak muda memosisikan diri," ujarnya. "Cara paling simpel yaitu,pada hari pencoblosan Februari 2024 besok ,kita bangun pagi untuk datang ke TPS memberikan suara. Ini merupakan cara simpel kita aktif di dunia politik," ujarnyaReporter (Ars)