Peresmian Ekosistem Desa Ikan Hias Terintegrasi, Pelepasan Ekspor Dan Kontes Ikan Mas Koki Nasional Tulungagung Untuk Dunia

Tulungagung,Mediarepublikjatim.com-Desa Wajak Lor, Boyolangu kabupaten Tulungagung dengan kepala desa yang masih muda cakap dan berpengetahuan luas Aris Febriyanto bersama Cah Angon Foundation berkolaborasi dengan Astra Indonesia melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) serta segenap masyarakat Desa melaksanakan kegiatan peresmian ekosistem desa ikan hias terintegrasi. Pelepasan ekspor dan kontes ikan mas koki nasional dengan tema *Tulungagung untuk Dunia. minggu 12/03/2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu piloting pemberdayaan Cah Angon Foundation pada cluster perikanan yang dikembangkan berdasarkan ekosistem terintegrasi dari mulai pelatihan, pendampingan, kurasi hingga penyiapan market. Adapun juga dalam kegiatan ini turut terlaksana kegiatan kontes ikan mas koki, dan juga peresmian local champion hub sebagai rumah konsolidator UMKM Juara. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M. Pd selaku Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bahwa “Ekosistem pemberdayaan cluster perikanan Cah Angon Foundation merupakan salah satu hal yang perlu didorong untuk menciptakan produktivitas budidaya ikan hias yang saat ini memang memiliki potensi pasar luar. "Semoga budidaya ikan hias ini tidak hanya menyasar negara-negara seperti australia, inggris dan melainkan ke berbagai negara lainnya seperti pasar asia bahkan pasar afrika”. Jelasnya.

Selain itu Dyah Ayu Olif selaku ketua pelaksana pada kegiatan ini menyampaikan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami, sebagai lembaga pemberdayaan yang memiliki tanggung jawab untuk turut serta menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera."Melalui program ini yang juga memang berkolaborasi dengan berbagai instansi lainnya terutama Astra Internasional yang dalam hal ini melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) akan terus mengupayakan berbagai pemberdayaan dan terutama melakukan perluasan melalui piloting lainnya sehingga semakin banyak menciptakan dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat yang tentunya akan berkelanjutan." terangnya. 

Terlebih dengan juga apa yang disampaikan oleh Triyanto, selaku Chief of Corporate and Social Enegagement.  "Peningkatan untuk mendorong produk-produk yang siap bersaing dengan produk luar negeri, dengan banyaknya kolaborasi sehingga akan mendorong Indonesia maju dan Indonesia sejahtera. "Cah Angon Foundation menyediakan pasar lokal dan pasar internasional sebagai penjamin bahwa produksi akan terserap secara maksimal sehingga kekuatan pemberdayaan yang dilaksanakan dapat berkembang dan berkelanjutan," jelas Triyanto. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dengan berfokus terhadap pemberdayaan yang berkelanjutan dengan fokus pada aspek sosial maupun ekonomi."Direktur Eksekutif Cah Angon Foundation, yakni Dhika Yudhistira. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada 11-12 Maret 2022 yang dihadiri oleh Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M. Pd selaku Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Ir. Nono Hartanto,  selaku Direktur Perbenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian'Kelautan dan Perikanan, Dra. Merry Maryati, MSc selaku Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan, Ir.R.S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S. selaku Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Ghofar selaku POKJA Ekspor Kementerian Koordinator Perekonomian, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto beserta Dikofmida dan Aries Febryanto Kepala Desa Wajak Lor serta seluruh perangkat Desa, dan tamu atau hadirin masyarakat Desa Wajak Lor, Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung JawaTimur. ** (tm)