Munassus ALFI Berlangsung Guyub dan Lancar

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menggelar musyawarah nasional khusus ( Munassus) 2023 di Surabaya, Sabtu (14/10/2023). Kegiatan Munassus ini dihadiri oleh sekitar 90% DPW ALFI yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun tujuan Munassus ini adalah untuk menyempurnakan AD/ART ALFI serta menampung aspirasi dan gagasan para anggotanya. Saat ini ada sekitar 3.800 anggota ALFI yang tersebar di 29  provinsi di Indonesia 

Kegiatan ini sebenarnya untuk konsumsi internal anggota ALFI. Para awak media hanya diperkenankan meliput setelah sesi rapat selesai."Yukki Nugrahawan, Ketua DPP ALFI yang ikut hadir dalam acara nasional ini menyatakan, jika Munassus ini diselenggarakan untuk melakukan penyesuaian AD/ART organisasi, yang sudah 15 tahun lamanya tidak mengadakan Munassus, yang terakhir kali diadakan di Bali. Pak Yukki, sapaan akrabnya mengatakan," Kita ingin transformasi, adaptasi perubahan, bisa bekerjasama dengan stakeholder, bisa fokus mata rantai pasok/ logistik,bisa transformasi inklusif juga beradaptasi," paparnya 

Ketika ditanya mengenai keanggotaan, ia berharap bisa memperluas jumlah keanggotaan ALFI, tidak hanya bidang logistik, tapi bisa diperluas ke mata rantai pasok, yang mana kegiatan Multimoda"Nantinya akan kita lembagakan. Kita daftarkan ke Kemenkumham. ALFI harus adaptif terhadap bidang perubahan, jadi teman teman pelabuhan bisa jadi anggota. Kita semakin bagus bisa mengajak semua suplai change," ujarnya.

ALFI, katanya, sangat mendukung program pemerintah terkait hilirisasi industri. Yang bisa membuat pertumbuhan ekonomi membaik. Untuk itu ia berharap teman teman daerah pelaku hilirisasi yang belum bergabung dengan ALFI segera bergabung. Menurutnya pertumbuhan ekonomi membaik dilihat dari 3 indikator. Yang pertama, terkait daya beli masyarakat, yang kedua jumlah APBN,dan yang ketiga inflasi terkendali, investasi yang menyebar merata ke seluruh Indonesia tentunya sangat bagus." Melayani investor dengan baik," ujarnya.

Ia mengungkapkan,jika tantangan sepuluh tahun ke depan akan semakin berat,ada geopolitik. " Ya kita berharap bisa tumbuh dan baik baik saja. Jatim akan menjadi potensi pertumbuhan yang mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional," ungkapnya. 

Sementara itu Sekjen DPP ALFI, Akbar Djohan menambahkan, jika asosiasi itu harus terus bertransformasi, kegiatan ini juga sebagai ikhtiar bagaimana membawa organisasi yang maju, mengharmonisasi regulasi, "Munassus ini merupakan road to Munas besok." Telat pukul 18.30 an kegiatan Munassus selesai dan dilanjutkan kegiatan ramah tamah antar sesama anggota ALFI se Indonesia.Reporter (Ars)