Putra Pasangan Perwira Polda Dilantik Panglima TNI Jadi Perwira Remaja TNI AL

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-Orang tua mana yang tak bangga saat putra putrinya dilantik oleh Panglima TNI di Stadion Cilangkap, Mabes TNI. Manakala putra putrinya tercinta diterima dan dilantik menjadi Perwira Tentara Nasional Indonesia di 3 Matra, rasa haru, bahagia, dan bangga menghujam perasaan keluarga orang tua yang hadir saat itu secara sederhana dan hikmat di Stadion Cilangkap, Mabes TNI. 

Hal itu sebagaimana yang dirasakan pasangan Perwira Polisi yang berdinas di Polda Jatim, AKP Sri Ngariadi S.H. dan AKP Fidiyah Wahyuni S.H. Isak tangis bahagia sesaat setelah putranya, Agum Dwiputra Cahyadi Sp.PD  menerima sematan pangkat Letnan Dua Korps Khusus (Letda KH) di pundak. Penyematan pangkat tersebut diterima Agum dalam upacara Upacara Prasetya Perwira PSDP Pnb TNI TP 2020 dan PK TNI TA 2023 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Rabu, (09/08/2023) lalu.

Dalam amanatnya, Panglima Yudo Margono mengucapkan selamat kepada 383 Perwira Remaja TNI yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga dapat bersama-sama dilantik menjadi seorang Perwira TNI. Menurutnya, dengan keberhasilan dan kesuksesaan ini, para Perwira harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang telah diberikan.

“Berterima kasih serta memohon doa restu kepada kedua orang tua dan keluarga agar kalian siap melaksanakan tugas yang selanjutnya serta patut berbangga karena kalian telah melewati tahapan awal sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia. Kalian telah menjadi bagian dari garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Yudo.

Sementara, dalam kesempatan khusus, Sri Ngariadi didampingi istrinya Fidiyah Wahyuni, yang tak lain kedua orang tua Agum Dwiputra Cahyadi mengungkapkan rasa bahagianya. Sri mengatakan, ia tak menyangka jika putranya Agum akan lolos dalam seleksi Pantukhir 2023 sehingga dilantik menjadi Perwira Remaja TNI AL.

“Tentunya ini sebuah berkah tersendiri bagi kami sebagai orang tua. Apalagi memang Agum selama ini banyak memiliki prestasi, terutama di bidang olah raga. Terakhir kali mewakili Jatim dalam olah raga Hokky di Jakarta, berhasil merebut juara 2. Saat itu juga Agum DPC lulus Kumlot S1 di Unesa Surabaya. Dan tentu kami sangat bangga. Allhamdulilah, lulus terpilih Pa Pk 2023 yang diumumkan di Rindam Jaya Jakarta. Terlebih sekarang Agum sudah menjadi Perwira TNI AL,” kata Sri, Sabtu, (12/08/2023).

Sri berharap, putranya Letda KH Agum DPC benar-benar menjalankan tugas negara dengan baik, serta menjaga betul amanah yang telah diberikan. Sebab, menurut Sri, tidak mudah untuk menjadi seorang Perwira Remaja TNI AL, terlebih saat ini, selain persaingan yang ketat, juga penyeleksian yang sangat detail sehingga benar-benar ditemukan Perwira yang memenuhi kriteria, seperti yang disampaikan Panglima TNI Yudo Margono, Perwira yang Tangguh dan Trengginas.

“Sebagai orang tua dan sebagai abdi negara juga, pastinya kami sangat berharap Agum DPC benar-benar menjaga nama baik kesatuan untuk keutuhan negara. Apalagi di era sekarang, kondisi global yang tak menentu serta kemajuan ilmu dan teknologi yang sudah sangat amat pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi para Perwira Remaja TNI di 3 Matra, yakni AD, AL, dan AU di masa mendatang. Semoga Allah SWT selalu meridhoi dan memudahkan setiap kebaikan, aamiin.” tukas Sri. (Bad)