Di PN Surabaya Polda Jatim Siap Amankan Sidang Tragedi Kanjuruhan

Surabaya,Mediarepublikjatim.com-Polda Jatim dengan didukung Polrestabes Surabaya siap mengamankan persidangan Tragedi Kanjuruhan yang dipastikan akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim dan pengadilan sudah berkoordinasi dengan korps Bhayangkara tersebut.“Untuk permintaan pengamanan sudah ada dari pengadilan. Sudah meminta kami untuk bisa melaksanakan pengamanan,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto, Kamis (5/1/2023).

Toni menegaskan dalam sidang nantinya pihaknya akan memprioritaskan untuk mengawal keluarga korban.“Tentu prioritas yang kami harapkan paling utama keluarga korban yang bisa kami hadirkan,” jelasnya.

Terkait adanya potensi massa Aremania, suporter Arema FC yang akan mengawal jalannya sidang, Toni akan memberi instruksi kepada personilnya yang berjaga untuk tidak memberikan akses masuk begitu saja ke dalam pengadilan.

Nantinya akan ada penjagaan ketat untuk menyeleksi pengunjung yang masuk pengadilan. “Kami akan lebih selektif lagi kepada mereka yang akan hadir,” tegas jenderal bintang dua tersebut.

Sementara soal dialihkannya proses sidang ke Surabaya tentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Salah satunya ialah faktor keamanan.“Salah satunya untuk menjamin tekanan-tekanan publik kepada majelis hakim, kami meminimalisir itu, supaya proses pengadilan bisa berjalan fair. Juga antisipasi dan situasi yang tidak diharapkan,” tandas Toni,(pgh)