Mega Proyek Flyover Aloha Gedangan Masuk Tahap Lelang

SIDOARJO,Mediarepublikjatim.com-Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali telah meneken pembangunan mega proyek Flyover Aloha di Kecamatan Gedangan setelah mengantongi izin pemanfaatan lahan dari Mabes TNI AL. Kini, pembangunan tersebut sudah memasuki tahap lelang%Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali sebagai penyelenggara infrastruktur jalan dan jembatan tinggal menjalankan pembangunan."

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menandatangani nota kesepakatan pembangunan flyover Aloha dengan Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Apri Artoto di Pendopo Delta Wibawa Jumat (19/8/2022).

Bupati Gus Muhdlor senang dengan progres pembangunan flyover Aloha. Tanggal 25 Agustus 2022 depan sudah dimulai proses lelang untuk selanjutnya dilakukan penandatangan kontrak pekerjaan pada November 2022 depan."Flyover Aloha dengan panjang 858 meter tersebut akan dikerjakan selama 18 bulan ke depan atau 540 hari kalender masa pelaksanaan proyek sejak dilakukan penandatangan kontrak.“Proses pembangunannya (flyover Aloha) 18 bulan atau sejak penandatangan kontrak pembangunannya,” ucap Gus Muhdlor.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Apri Artoto tegas mengatakan rencana pembangunan fly over Aloha sudah tidak ada kendala yang berarti. Desain pembanguannya sudah tuntas dibuat. Selain itu dana pembangunannya pun sudah turun. Tinggal tender pengerjaannya yang dimulai bulan ini. Bila tidak ada kendala, bulan November sudah dilakukan penandatangan kontrak kerja oleh pemenang tender.“Kalau semua berjalan lancar akan bertanda tangan kontrak di awal November, inshaalloh kalau tanda tangan kontrak di awal November, pekerjaan fly over ini akan selesai di semester I 2024, insya Allah dibulan April,” terangnya.

Apri mengatakan pembangunan fly over Aloha mengunakan skema multi years contract. Anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp350 miliar. Nantinya dibangun dua lajur satu arah. Lajur pertama dari Sidoarjo ke Juanda, sedangkan lajur kedua dari Juanda ke Surabaya. Lebar jembatan sendiri 9 meter dengan lebar jalan 7 meter. Pembangunan fly over Aloha sendiri untuk mengakomodir transportasi ke arah Juanda. Dan diperkirakan awal tahun depan sudah mulai dilakukan pengerjaannya.“Biasanya kan setelah penandatangan kontrak masih butuh persiapan – persiapan, perkiraan kami awal tahun depan sudah mulai pengerjaan fisiknya,” jelasnya.(is/lim)